Monday, May 18, 2015

Metode, Model, Pendekatan, dan Strategi pembelajaran


Pengertian metode, model, pendekatan, dan strategi pembelajaran 
Jawaban :
1.      Pengertian Metode Pembelajaran
Dalam bahasa Inggris, method berarti cara. Apabila dikaitkan dengan pembelajaran, metode adalah cara yang digunakan guru dalam membelajarakan siswa. Karena metode lebih menekankan pada peran guru. Metode pembelajaran didefenisikan sebagai cara yang digunakan guru dalam menjalankan fungsinya dan merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran lebih bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan-tahapan tertentu yaitu menyusun rencana pembelajaran, menyajikan materi, dan mengevaluasi hasil dan proses belajar mengajar serta sistematik karena tujuannya untuk memperdmudah pengerjaan suatu pekerjaan. Berikut beberapa pengertian metode dari berbagai sumber :
a.       Menurut KBBI, 1995, metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
b.      Menurut Joni (1992/1993), mengemukakan bahwa metode adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu.
c.       Metode pembelajarandapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. www.akhmadsudrajat.wordpress.com
d.      Menurut nana Sudjana (2005:76) metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.
e.       Menurut M.Sabri Sutikno (2009 : 88) menyatakan metode pembelajaran ialah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukanoleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.
f.       Gerlach dan Elly (80 : 14), metode pembelajaran adalah rencana yang sistematis untuk menyam[aikan informasi.
2.      Pengertian Model Pembelajaran
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.Berikut pengertianmodel pembelajaran menurut beberapa ahli :
a.       Syaiful Sagala (2005 : 175),mengemukakan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar peserta didik untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan guru dalam merencanakan dan melaksnakann aktivitas belajar mengajar.
b.      Joyce dan Weil (1980), model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran.
c.       Menurut Agus Suprijono, model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.
3.      Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan berada pada tingkat yang tertinggi, yang kemudian diturunkan atau dijabarkan dalam bentuk metode. Pendekatan merupakan sikap atau pandangan tentang sesuatu, yang biasanya berupa asumsi atau seperangkat asumsi yang saling berkaitan.Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara memandang terhadap pembelajaran. Berikut beberapa pengertian dari pendekatan :
a.       Menurut KBBI, 1995, pendekatan adalah proses, perbuatan, atau cara mendekati.
b.      Menurut Joni (1992/1993), pendekatan adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian.
c.       Menurut Depdikbud (1990 ; 180), pendekatan dapat diartikan sebagai proses perbuatan atau cara untuk mendekati sesuatu.
d.      Menurut Wahjoedi (1999 : 121) bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapata aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal.
e.       Menurut Suherman (1993 : 220) mengemukakan pendekatan dalam pembelajaran adalah suatu jalan, cara atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran dilihat dari sudut bagaimana proses pembelajaran atau matei pembelajaran itu, umum atau khusus.
4.      Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi berasal dari kata Yunani strategia yang berarti ilmu perang atau panglima perang. Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran pada dimensi pembelajaran mengacu pada upaya secara strategis dalam meilih, menetapkan, dan merumuskan komponen-komponen pembelajaran.Berikut terdapat beberapa defenisi dari strategi pembelajaran menurut beberapa sumber :
a.       Menurut Joni (1992/1993), strategi pembelajaran adalah ilmu atau kiat di dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b.      Kozma dan Gafur (1989) secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fsilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercpainya tujuan pembelajaran tertentu.
c.       Gerlach dan Ely (1980) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
d.      Dick dan Carey (1990) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
e.      Gropper di dalam Wiryam dan Noorhadi (1990) mengatakan bahwa strategi pemeblajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

 
Sumber (Daftar Pustaka)
Uno,Hamzah,dan Mohamad Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM.
            Jakarta:  Bumi Aksara.   
Anitah,Sri dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Iskandarwassid, dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.
            Bandung : Rosda Karya.
Halik Sani, Abdul dan Rahman. 2008. Pengembangan Pembelajaran Bahasa
Indonesia. Makassar : Universitas Negeri Makassar.


zonainfoseua.blogspot.com

pangeranarti.blogspot.com

neza-khoirunnisa.blogspot.com
           









No comments:

Post a Comment

Semata Wayang

SISTEM PEMBELAJARAN

SISTEM PEMBELAJARAN A.     Pengertian dan Kegunaan Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan...