Pengertian metode, model, pendekatan, dan strategi pembelajaran
Jawaban
:
1. Pengertian
Metode Pembelajaran
Dalam bahasa Inggris, method berarti cara. Apabila
dikaitkan dengan pembelajaran, metode adalah cara yang digunakan guru dalam
membelajarakan siswa. Karena metode lebih menekankan pada peran guru. Metode
pembelajaran didefenisikan sebagai cara yang digunakan guru dalam menjalankan
fungsinya dan merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode
pembelajaran lebih bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan-tahapan tertentu yaitu
menyusun rencana pembelajaran, menyajikan materi, dan mengevaluasi hasil dan
proses belajar mengajar serta sistematik karena tujuannya untuk memperdmudah
pengerjaan suatu pekerjaan. Berikut beberapa pengertian metode dari berbagai
sumber :
a. Menurut
KBBI, 1995, metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan
pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
b. Menurut
Joni (1992/1993), mengemukakan bahwa metode adalah berbagai cara kerja yang
bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu.
c. Metode pembelajarandapat diartikan sebagai cara yang
digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk
kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. www.akhmadsudrajat.wordpress.com
d. Menurut nana Sudjana (2005:76) metode pembelajaran adalah cara yang
dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat
berlangsungnya pengajaran.
e. Menurut M.Sabri Sutikno (2009 : 88) menyatakan metode pembelajaran ialah
cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukanoleh pendidik agar terjadi
proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.
f. Gerlach dan Elly (80 : 14), metode pembelajaran adalah rencana yang
sistematis untuk menyam[aikan informasi.
2. Pengertian
Model Pembelajaran
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk
pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas
oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai
dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.Berikut
pengertianmodel pembelajaran menurut beberapa ahli :
a. Syaiful
Sagala (2005 : 175),mengemukakan bahwa model pembelajaran adalah kerangka
konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan
pengalaman belajar peserta didik untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan
berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan guru dalam
merencanakan dan melaksnakann aktivitas belajar mengajar.
b. Joyce
dan Weil (1980), model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang digunakan
sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran.
c. Menurut
Agus Suprijono, model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman
dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.
3. Pengertian
Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan
berada pada tingkat yang tertinggi, yang kemudian diturunkan atau dijabarkan
dalam bentuk metode. Pendekatan merupakan sikap atau pandangan tentang sesuatu,
yang biasanya berupa asumsi atau seperangkat asumsi yang saling berkaitan.Pendekatan pembelajaran dapat
diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses
pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang
sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan,
dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu Dengan
demikian dapat dikemukakan bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara memandang
terhadap pembelajaran. Berikut beberapa pengertian dari pendekatan :
a. Menurut
KBBI, 1995, pendekatan adalah proses, perbuatan, atau cara mendekati.
b. Menurut
Joni (1992/1993), pendekatan adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau
objek kajian.
c. Menurut
Depdikbud (1990 ; 180), pendekatan dapat diartikan sebagai proses perbuatan
atau cara untuk mendekati sesuatu.
d. Menurut
Wahjoedi (1999 : 121) bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola
kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapata aktif melakukan tugas
belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal.
e. Menurut
Suherman (1993 : 220) mengemukakan pendekatan dalam pembelajaran adalah suatu
jalan, cara atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam
pencapaian tujuan pembelajaran dilihat dari sudut bagaimana proses pembelajaran
atau matei pembelajaran itu, umum atau khusus.
4. Pengertian
Strategi Pembelajaran
Strategi
berasal dari kata Yunani strategia yang
berarti ilmu perang atau panglima perang. Strategi pembelajaran sifatnya
masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode
pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran pada dimensi pembelajaran mengacu
pada upaya secara strategis dalam meilih, menetapkan, dan merumuskan
komponen-komponen pembelajaran.Berikut terdapat beberapa defenisi dari strategi
pembelajaran menurut beberapa sumber :
a. Menurut
Joni (1992/1993), strategi pembelajaran adalah ilmu atau kiat di dalam
memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan atau yang dapat dikerahkan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b. Kozma
dan Gafur (1989) secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat
diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan
fsilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercpainya tujuan
pembelajaran tertentu.
c. Gerlach
dan Ely (1980) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang
dipilih untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran
tertentu.
d. Dick
dan Carey (1990) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh
komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan yang digunakan
oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran
tertentu.
e. Gropper
di dalam Wiryam dan Noorhadi (1990) mengatakan bahwa strategi pemeblajaran
merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Sumber (Daftar Pustaka)
Uno,Hamzah,dan
Mohamad Nurdin. 2011. Belajar dengan
Pendekatan PAILKEM.
Jakarta: Bumi Aksara.
Anitah,Sri dkk.
2007. Strategi Pembelajaran di SD.
Jakarta : Universitas Terbuka.
Iskandarwassid,
dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi
Pembelajaran Bahasa.
Bandung : Rosda Karya.
Halik
Sani, Abdul dan Rahman. 2008. Pengembangan
Pembelajaran Bahasa
Indonesia. Makassar :
Universitas Negeri Makassar.
zonainfoseua.blogspot.com
pangeranarti.blogspot.com
neza-khoirunnisa.blogspot.com
No comments:
Post a Comment