Sunday, January 13, 2019

RPP K.13 KELAS 4 TEMA I SUBTEMA I PEMBELAJARAN I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : SDN 
Kelas / Semester                   : 4 / I
Tema                                     : 1 ( Peduli terhadap makhluk hidup)
Subtema                                : 1 ( Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku)
Pembelajaran                        : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                      : 6 X 35 Menit (1 Pembelajaran)
 

A.  KOMPETENSI INTI
1.        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3  Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.

Indikator
-          Menulis beberapa daftar pertanyaan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
-          Mengemukakan daftar pertanyaan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

IPS
4.1        Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.





Indikator

-          Mengemukakan hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat.

3.8   Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
      4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.

Indikator
-          Menjelaskan  kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dalam upaya pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan tepat.
  2. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengemukakan daftar pertanyaan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan tepat.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
  4. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengemukakan hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.
  5. Setelah diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam dengan tepat.
  6. Setelah diskusi pemecahan maslah, siswa mampu menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dalam upaya pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar dengan tepat.
D.  MATERI PEMBELAJARAN
     IPS                         :  Karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan      sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat
IPA                             :  Pentingnya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam.



E.  MODEL, PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Model                     : example non example
Pendekatan             : saintifik
Metode                   : tanya jawab, ceramah, diskusi, dan penugasan.
F.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.         Guru menyapa siswa dengan salam.
2.         Guru menanyakan kabar keadaan siswa.
3.         Mengkondisikan siswa untuk berdoa dengan sikap santun dan tertib serta melakukan presensi kelas.
4.         Guru memberikan ice breaking untuk menghidupkan suasana kelas agar semangat.
5.         Guru menginformasikan tema dan subtema, menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
15 Menit
Inti
1.      Sebagai kegiatan pembuka, guru memperlihatkan serumpun padi dan meminta siswa untuk mengamati. (mengamati)
2.      Guru mengajukan pertanyaan: Apa yang kalian ketahui tentang tanaman ini (padi)? (menanya)
3.      Siswa diminta membaca teks yang ada pada buku siswa, lalu menjawab pertanyaan yang tersedia tentag tanaman padi. (mengumpulkan informasi).
4.      Siswa saling mencocokkan jawaban kepada satu/beberapa teman lain sambil berdiskusi untuk menemukan perbedaan jawaban mereka. (menalar/mengasosiasi)
5.      Siswa menyampaikan jawaban secara klasikal dengan arahan guru. (mengkomunikasikan)
6.      Guru memberikan penguatan.
7.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang jenis tanaman yang merupakan sumber makanan pokok contohnya padi. (mengamati)
8.      Siswa diminta untuk memilih satu jenis tanaman yang sering mereka konsumsi dalam keseharian misalnya padi atau singkong.
9.      Guru membagikan LKPD kegiatan I kepada siswa.
10.   Siswa membuat pertanyaan sebanyak mungkin tentang tanaman pilihan mereka dengan memperhatikan penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif sesuai petunjuk di LKPD. (menanya)
11.  Siswa mengumpulkan tugas sebagai benuk penilaian.
12.  Guru kembali membagikan LKPD kegiatan II kepada siswa tentang solusi untuk menjaga keberadaan tanaman padi.
13.  Guru mengingatkan siswa kembali tentang teks yang telah mereka baca di awal kegiatan pembelajaran dan menuliskan tiga tahap pertumbuhan padi, pada diagram yang tersedia di LKPD. (mengumpulkan informasi)
14.  Siswa mendiskusikan bersama teman sebangkunya tentang satu tahapan dari padi yang paling penting untuk dijaga keberadaannya serta bagaimana melestarikan tanaman tersebut dengan  cara menjaga keseimbangan lingkungan agar tanaman tersebut tidak habis. (menalar/ mengasosiasikan)
15.  Siswa kemudian membacakan informasi tentang jawaban dari permasalahan yang telah mereka diskusikan, yaitu solusi untuk menjaga keberadaan tanaman padi serta menyimpulkan jawaban. (mengkomunikasikan).
16.  Guru mempersiapkan media gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu gambar pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah.
17.  Guru menempelkan media gambar di papan tulis dan membentuk kelompok siswa sesuai jumlah siswa di dalam kelas.
18.  Siswa duduk bersama kelompoknya dan mengamati media gambar tentang tiga kondisi geografis yaitu pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah. (mengamati)
19.  Siswa kembali diminta membuat beberapa pertanyaan tentang beragam hal yang ingin mereka ketahui tentang ketiga bentang alam tersebut. (menanya)
20.  Guru membagikan LKPD kegiatan III tentang mengidentifikasi karakteristik ketiga bentangan alam tersebut..
21.  Siswa bersama teman kelompoknya mengisi tabel tersebut berdasarkan informasi yang telah dibaca dan diamati. (mengumpulkan informasi)
22.  Siswa mendiskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan bersama teman kelomponya tentang perbedaan-perbedaan yang mereka temukan dari ketiga bentang alam tersebut. (menalar/mengasosiasikan)
23.  Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelas melalui perwakilan kelompok. (mengkomunikasikan)
24.  Guru memberi penguatan atas hasil kerja siswa.
175 Menit
Penutup
1.     Siswa bersama dengan guru menyimpulkan materi yang dipelajari.
2.     Guru memberikan refleksi seluruh kegiatan yang sudah dilakukan hari ini.
3.     Guru menanyakan apa yang sudah dimengerti dan apa yang belum dimengerti oleh siswa (feedback).
4.     Siswa mengerjakan lembar evaluasi
5.     Guru menyampaikan Tema, Subtema dan Pembelajaran yang akan diajarkan besok.
6.     Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
20 Menit

G.  SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
-          Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru kelas 4 Tema Peduli terhadap makhluk hidup edisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Alat       : buku dan alat tulis.
-          Media    : Serumpun padi untuk kegiatan pembuka, foto bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi untuk kegiatan IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia.

H.  PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.      Teknik penilaian
   Penilaian Sikap :
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin dan tanggung jawab melalui jurnal.
Penilaian Pengetahuan :
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal berupa tes tulis (terlampir).
Penilaian Keterampilan :
Penilaian yang dilakukan pada saat unjuk kerja selama proses pembelajaran berlangsung.
2.  Instrumen Penilaian
a.  Penilaian Sikap                     : Lembar observasi dan rubrik
b.  Penilaian Pengetahuan         : Lembar evaluasi
c.  Penilaian Keterampilan        : Lembar pengamatan keterampilan dan rubrik.





No comments:

Post a Comment

Semata Wayang

SISTEM PEMBELAJARAN

SISTEM PEMBELAJARAN A.     Pengertian dan Kegunaan Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan...