RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN Bawakaraeng 1 Makassar
Mata Pelajaran :
Bahasa
Indonesia
Kelas /Semester :
III (Tiga) / I (Satu)
Hari/tanggal : Senin,
17 Desember 2018
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan.
II.
KOMPETENSI DASAR
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.
III. INDIKATOR
1.3.1 Menuliskan
tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita anak.
1.3.2 Mengidentifikasi
watak tiap tokoh dalam cerita anak.
1.3.3
Menyampaikan komentar tentang tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita anak
secara lisan.
1.3.4 Menuliskan kembali isi cerita anak yang
telah didengar menggunakan kalimat sederhana.
1.3.5
Menceritakan kembali isi cerita anak yang telah ditulis secara lisan di depan
kelas.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan menyimak, siswa diharapkan dapat menuliskan tokoh-tokoh yang terlibat
dalam cerita anak dengan benar.
2. Melalui
kegiatan menyimak, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi watak tiap tokoh
dalam cerita anak dengan benar.
3. Melalui
kegiatan tanya jawab, siswa diharapkan dapat menyampaikan komentar tentang tokoh-tokoh
yang terlibat dalam cerita anak secara lisan.
4. Melalui
kegiatan diskusi berpasangan, siswa diharapkan dapat menuliskan kembali isi
cerita anak menggunakan kalimat sederhana dengan benar.
5. Melalui
kegiatan presentasi, siswa diharapkan dapat menceritakan kembali isi cerita
anak yang telah ditulis secara lisan di depan kelas.
V. MATERI AJAR
Teks cerita anak
VI. MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
- Model pembelajaran : Intergrated (terpadu)
- Metode pembelajaran : ceramah, penugasan tanya jawab dan
diskusi berpasangan.
VII. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
ª Sumber Pembelajaran :
- Buku Elektronik Bahasa
Indonesia SD/MI Kelas III SD oleh Ismoyo dan Romiyatun :
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008 halaman 13.
- Buku Elektronik Bahasa Indonesia SD/MI
Kelas III SD oleh Mei Sulistyaningsih : Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008 halaman 44.
ª Media Pembelajaran :
- Teks bacaan “Pendekar Takut
Air” dalam bentuk Big Book.
VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
· Kegiatan awal
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Guru memasuki kelas dan memberi salam kepada siswa.
2.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
3.
Mengecek daftar hadir siswa.
4.
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
5.
Melakukan apersepsi untuk menggali pengetahuan awal
siswa.
|
10 menit
|
· Kegiatan inti
Kegiatan
|
Waktu
|
& Eksplorasi
1.
Guru menunjukkan media big book yang berisi teks cerita
anak yang berjudul “Pendekar Takut Air”.
2.
Guru menjelaskan materi singkat tentang arti tokoh
dan watak yang terdapat dalam cerita.
3.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
dipahami siswa.
4.
Guru dan siswa bersiap untuk melakukan kegiatan
menyimak cerita anak. Guru juga menginformasikan bahwa yang akan ditulis
nantinya sebagai hasil menyimak adalah tokoh dan watak dalam cerita yang
didengar.
5.
Guru membacakan teks cerita anak “Pendekar Takut
Air” yang terdapat dalam media big book.
6.
Siswa menyimak cerita “Pendekar Takut Air”.yang
dibacakan oleh guru (menyimak).
7.
Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk menuliskan
tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita “Pendekar Takut Air” yang telah didengar
beserta watak tiap tokonya (menulis).
8.
Setelah selesai, guru memanggil
siswa satu persatu untuk membacakan hasil kerja mereka di depan kelas (membaca).
9.
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang komentar mereka
terhadap tokoh-tokoh “Pendekar Takut Air” yang telah mereka bacakan tadi (berbicara).
10. Guru
memberi penguatan atas penampilan dan jawaban siswa.
& Elaborasi
1.
Guru mengelompokkan siswa secara berpasangan.
Pembagian kelompoknya dengan menggunakan lot agar pembagiannya heterogen.
2.
Setelah siswa duduk dengan pasangan kelompoknya
masing-masing, maka guru membagikan LKPD kepada setiap pasangan.
3.
Setiap pasangan menerima LKPD dan memperhatikan
petunjuk guru atau membaca dengan seksama petunjuk kerja yang tertulis.
4.
Setiap pasangan diberi waktu 5 menit untuk membaca teks
cerita anak “Pendekar Takut Air” yang terdapat pada LKPD (membaca).
5.
Setelah itu, guru mengarahkan siswa agar teks cerita
tersebut ditutup dan setiap pasangan menulis kembali isi cerita tersebut
secara tertulis dengan menggunakan kalimat sederhana (menulis).
6.
Guru memanggil setiap perwakilan pasangan untuk
tampil di depan kelas untuk menceritakan kembali isi cerita yang telah
ditulis tadi secara lisan (berbicara).
7.
Pasangan lain tetap ditempat masing-masing menyimak
hasil kerja temannya sembari menunggu giliran mereka (menyimak).
& Konfirmasi
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa.
2.
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa
|
40 menit
|
·
Kegiatan
Penutup
Kegiatan
|
Waktu
|
1. Guru Bersama siswa
membuat rangkuman/kesimpulan
pelajaran.
2. Guru melakukan evaluasi dengan
memberikan soal tertulis kepada siswa.
3. Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telahh dilaksanakan.
4. Bila diperlukan, guru memberikan PR
kepada siswa.
5. Berdoa setelah pelajaran selesai.
|
20 menit
|
IX. PENILAIANN
A.
Teknik penilaian : tes dan non tes
B.
Bentuk instrumen : tertulis dan pengamatan
C.
Instrumen
Ø Kognitif
Bacalah teks cerita
dibawah ini !
Jawablah pertanyaan di
bawah ini berdasarkan teks cerita yang telah kamu baca di atas!
1. Tuliskan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita
di atas !
2. Siapa yang terkena bencana banjir?
3. Siapa yang berencana menjenguk korban banjir?
4. Bagaimana watak si aku dan teman-teman dalam
cerita di atas?
5. Berikan komentarmu tentang tokoh si aku dan
teman-teman !
Kunci Jawaban :
1. Si aku, Salim, Ratna, ayah, ibu dan
teman-teman.
2. Salim dan Ratna
3. Si Aku bersama teman-teman
4. Suka menolong
5. Kita sebaiknya mencontoh sikap
mereka
Pedoman Penskoran
1.
Soal nomor 1 skor 6
2.
Soal nomor 2 skor 2
3.
Soal nomor 3 skor 2
4.
Soal nomor 4 skor 2
5.
Soal nomor 5 skor 3
Skor
total = 15
Nilai Akhir
X 100
Ø Psikomotorik
NO
|
NAMA
|
Menyimak
|
Menulis
|
Membaca
|
Berbicara
|
||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
Dst
|
Ø Afektif
1.
Karakter
Kelompok
|
Nama siswa
|
Aspek
Yang Diamati
|
||||||||
Bekerja sama
|
Teliti
|
Percaya
Diri
|
||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
1.
|
|||||||||
2.
|
||||||||||
2
|
1.
|
|||||||||
2.
|
||||||||||
3
|
1.
|
|||||||||
2.
|
||||||||||
4
|
1.
|
|||||||||
2.
|
||||||||||
Dst
|
2.
Keterampilan
sosial
Kelompok
|
Nama Siswa
|
Aspek
Yang Diamati
|
||||||||
Bekerjasama
|
Menghargai
pendapat teman
|
Menjadi
pendengar yang baik
|
||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
1.
|
|||||||||
2.
|
||||||||||
2
|
3.
|
|||||||||
4.
|
||||||||||
3
|
1.
|
|||||||||
2.
|
||||||||||
4
|
3.
|
|||||||||
4.
|
||||||||||
Dst
|
No comments:
Post a Comment