Saturday, January 12, 2019

RPP TERPADU BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan  : SDN Bawakaraeng 1 Makassar
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester        : III (Tiga) / I (Satu)
Hari/tanggal             : Senin, 17 Desember 2018
Alokasi Waktu         : 2 x 35 Menit

I.  STANDAR KOMPETENSI
       Mendengarkan
       1.   Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
II.  KOMPETENSI DASAR
       1.2  Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.
III. INDIKATOR
1.3.1 Menuliskan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita anak.
1.3.2 Mengidentifikasi watak tiap tokoh dalam cerita anak.
1.3.3 Menyampaikan komentar tentang tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita anak secara lisan.
  1.3.4 Menuliskan kembali isi cerita anak yang telah didengar menggunakan kalimat sederhana.
1.3.5 Menceritakan kembali isi cerita anak yang telah ditulis secara lisan di depan kelas.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Melalui kegiatan menyimak, siswa diharapkan dapat menuliskan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita anak dengan benar.
2.     Melalui kegiatan menyimak, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi watak tiap tokoh dalam cerita anak dengan benar.
3.     Melalui kegiatan tanya jawab, siswa diharapkan dapat menyampaikan komentar tentang tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita anak secara lisan.
4.     Melalui kegiatan diskusi berpasangan, siswa diharapkan dapat menuliskan kembali isi cerita anak menggunakan kalimat sederhana dengan benar.
5.     Melalui kegiatan presentasi, siswa diharapkan dapat menceritakan kembali isi cerita anak yang telah ditulis secara lisan di depan kelas.

V.  MATERI AJAR       
       Teks cerita anak
VI. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN          
-    Model pembelajaran : Intergrated (terpadu)
-    Metode pembelajaran : ceramah, penugasan tanya jawab dan diskusi berpasangan.
VII. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
ª Sumber Pembelajaran :
-    Buku Elektronik Bahasa Indonesia SD/MI Kelas III SD oleh Ismoyo dan Romiyatun : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008 halaman 13.
-  Buku Elektronik Bahasa Indonesia SD/MI Kelas III SD oleh Mei Sulistyaningsih : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008 halaman 44.
ª Media Pembelajaran :
-    Teks bacaan “Pendekar Takut Air” dalam bentuk Big Book.
VIII.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
·       Kegiatan awal
Kegiatan
Waktu
1.      Guru memasuki kelas dan memberi salam kepada siswa.
2.      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
3.      Mengecek daftar hadir siswa.
4.      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
5.      Melakukan apersepsi untuk menggali pengetahuan awal siswa.

10 menit
·       Kegiatan inti
Kegiatan
Waktu
& Eksplorasi
1.      Guru menunjukkan media big book yang berisi teks cerita anak yang berjudul “Pendekar Takut Air”.
2.      Guru menjelaskan materi singkat tentang arti tokoh dan watak yang terdapat dalam cerita.
3.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami siswa.
4.      Guru dan siswa bersiap untuk melakukan kegiatan menyimak cerita anak. Guru juga menginformasikan bahwa yang akan ditulis nantinya sebagai hasil menyimak adalah tokoh dan watak dalam cerita yang didengar.
5.      Guru membacakan teks cerita anak “Pendekar Takut Air” yang terdapat dalam media big book.
6.      Siswa menyimak cerita “Pendekar Takut Air”.yang dibacakan oleh guru (menyimak).
7.      Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk menuliskan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita “Pendekar Takut Air” yang telah didengar beserta watak tiap tokonya (menulis).
8.      Setelah selesai, guru memanggil siswa satu persatu untuk membacakan hasil kerja mereka di depan kelas (membaca).
9.      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang komentar mereka terhadap tokoh-tokoh “Pendekar Takut Air” yang telah mereka bacakan tadi (berbicara).
10.  Guru memberi penguatan atas penampilan dan jawaban siswa.
& Elaborasi
1.      Guru mengelompokkan siswa secara berpasangan. Pembagian kelompoknya dengan menggunakan lot agar pembagiannya heterogen.
2.      Setelah siswa duduk dengan pasangan kelompoknya masing-masing, maka guru membagikan LKPD kepada setiap pasangan.
3.      Setiap pasangan menerima LKPD dan memperhatikan petunjuk guru atau membaca dengan seksama petunjuk kerja yang tertulis.
4.      Setiap pasangan diberi waktu 5 menit untuk membaca teks cerita anak “Pendekar Takut Air” yang terdapat pada LKPD (membaca).
5.      Setelah itu, guru mengarahkan siswa agar teks cerita tersebut ditutup dan setiap pasangan menulis kembali isi cerita tersebut secara tertulis dengan menggunakan kalimat sederhana (menulis).
6.      Guru memanggil setiap perwakilan pasangan untuk tampil di depan kelas untuk menceritakan kembali isi cerita yang telah ditulis tadi secara lisan (berbicara).
7.      Pasangan lain tetap ditempat masing-masing menyimak hasil kerja temannya sembari menunggu giliran mereka (menyimak).
& Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan  terhadap hasil kerja siswa

40 menit

·         Kegiatan Penutup
Kegiatan
Waktu
1.      Guru  Bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan  pelajaran.
2.      Guru melakukan evaluasi dengan memberikan soal tertulis kepada siswa.
3.      Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telahh dilaksanakan.
4.      Bila diperlukan, guru memberikan PR kepada siswa.
5.      Berdoa setelah pelajaran selesai.

  20 menit
IX. PENILAIANN
A.  Teknik penilaian           : tes dan non tes
B.   Bentuk instrumen         : tertulis dan pengamatan
C.   Instrumen
Ø  Kognitif
Bacalah teks cerita dibawah ini !
Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks cerita yang telah kamu baca di atas!
1.      Tuliskan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita di atas !
2.      Siapa yang terkena bencana banjir?
3.      Siapa yang berencana menjenguk korban banjir?
4.      Bagaimana watak si aku dan teman-teman dalam cerita di atas?
5.      Berikan komentarmu tentang tokoh si aku dan teman-teman !
Kunci Jawaban :
1.      Si aku, Salim, Ratna, ayah, ibu dan teman-teman.
2.      Salim dan Ratna
3.      Si Aku bersama teman-teman
4.      Suka menolong
5.      Kita sebaiknya mencontoh sikap mereka
Pedoman Penskoran
1.      Soal nomor 1 skor 6
2.      Soal nomor 2 skor 2
3.      Soal nomor 3 skor 2
4.      Soal nomor 4 skor 2
5.      Soal nomor 5 skor 3
Skor total = 15
Nilai Akhir  X 100
Ø  Psikomotorik
NO
NAMA
Menyimak
Menulis
Membaca

Berbicara
 
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1













2













3













Dst














Ø  Afektif
1.         Karakter
Kelompok
Nama siswa
Aspek Yang Diamati
Bekerja sama
Teliti
Percaya Diri
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1
1.        









2.









2
1.









2.









3
1.









2.









4
1.









2.









Dst












2.        Keterampilan sosial
Kelompok
Nama Siswa
Aspek Yang Diamati
Bekerjasama
Menghargai pendapat teman
Menjadi pendengar yang baik
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1
1.       









2.









2
3.









4.









3
1.       









2.









4
3.









4.









Dst


























No comments:

Post a Comment

Semata Wayang

SISTEM PEMBELAJARAN

SISTEM PEMBELAJARAN A.     Pengertian dan Kegunaan Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan...