Dok.Pribadi |
Pendidikan
merupakan sarana pembentuk manusia yang seutuhnya yang berjiwakan Pancasila,
hal ini sesuai dengan tujuan dari pendidikan. Apabila yang diperoleh dari
proses pendidikan kurang dari yang kita harapkan maka diperlukan suatu adanya
perubahan dalam bidang pendidikan. Paradigma yang berkembang di masyarakat
menimbulkan suatu tanggapan terhadap pendidikan tersebut. Adapun paradigma
tersebut adalah :
-
Pendidikan
sebagai proses pembelenggu atau pembebasan
-
Pendidikan
sebagai proses pembodohan atau pencerdasan
- Pendidikan
sebagai proses perampasan hak-hak anak atau justru menjunjung tinggi hak anak
-
Pendidikan
menghasilkan tindak kekerasan atau tindakan perdamaian.
- Pendidikan
sebagai proses pengebirian potensi manusia atau pemberdayaan potensi manusia
-
Pendidikan
menghasilkan manusia yang otoriter atau manusia demokratis
-
Pendidikan
sebagai wahan disintegrasi atau pemersatu bangsa
- Pendidikan
menghasilkan manusia yang apatis terhadap lingkungan atau responsif dan peduli
terhadap lingkungan
-
Pendidikan
terjadi di sekolah atau dimana.
Perubahan dalam rangka peningkatan kualitas SDA
harus dilakukan secara komprehesif, meliputi berbagai komponen yang berpengaruh
dan determinan terhadap peningkatan mutu. Komponen itu seperti perubahan
kurikulum, siswa siswi peserta didik, tenaga pendidikan, pengelola pembina,
komite sekolah, sarana prasarana, media, sumber belajar, metode dan teknik,
manajemen sekolah serta perubahan lingkungan sekolah iu sendiri.
Perubahan-perubahan yang terjadi diantaraya :
-
Perubahan
kurikulum yang disesuaikan dengan pengembangan diri tenaga pendidik
Proses perubahan di lembaga pendidikan menuntut
kemampuan yang memadai dari personel sekolah, dari Kurikulum Berbasis
Kompetensi menjadi KTSP dan KSP menjadi kurikulum 2013. Ini menutut tenaga
pendidik untuk mampu menjalankan perubahaan tersebut dan agar perubahan itu
dapat dilaksanakan secara efektif dan optimal maka perlu adanya pengembanan
kemampuan tenaga pendidikan yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan tenaga
pendidikan melaksanakan perubahan tersebut yang meliputi kemampuan persinal,
sosial dan profesional.
-
Perubahan
tingkah laku siswa
Pendidikan adalah proses yang terorganisir untuk
membantu agar seseorang mencapai bentuk dirinya yang benar sebagai manusia.
Sehingga sangat jelas bahwa pendidikan suatu kegiatan dalam upaya mengubah
tingkah laku objek didik ke arah positif untuk menciptakan SDm yang mampu
bersaing di era global. Pendidikan merangkum segi-segi intelektual, afektif,
dan psikomotorik manusia, juga menyentuh cipta rasa dan karsa. Sebagaimana
upaya membentuk kualitas SDA lebih baik, maka saat ini kurikulum 2013
memberikan perubahan mendasar dalam pendidikan dimana sasaran utamanya adalah
membentuk karakter siswa yang lebih ditekankan kepada perubahan sikap.
-
Perubahan
pada lembaga pendidikan
Saat ini yang dibutuhkan oleh Indonesia adalah SDM
yang berkualitas demi mengejar ketertinggalannya dalam pembangunan nasional
serta era globalisasi yang penuh tantangan. Oleh karena itu lembaga pendidikan
harus melakukan perubahan-perubahan yang dapat mencetak leader-leader yang
tangguh dan berkualitas. Perubahan dalam konsep pendidikan juga diharapkan
mampu menghasilkan outpu lembaga pendidikan yang dapat menciptakan corporate
culture, sehingga dapat menyelesaikan diri dengan norma-norma yang berlaku dan
dapat memandang manusia bukan sebagai pekerja tetapi sebagai mitra kerja dengan
keunggulan yang berbeda.
-
Perubahan
manajemen sekolah
Salah satu perubahan dalam meningkatkan SDM melalui
pendidikan yaitu, pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan yaitu dari manajemen
berbasis pusat menuju manajemen penigkatan mutu berbasis sekolah. Konsep ini
mengandalkan pemberian otonomi yang luas kepada sekolah dalam menyelenggarakan
pendidikan. Partisipas aktif masyarakat dalam pendidikan dikembalikan kepada
kebutuhan masyarakat, orang tua dan pemerintah daerah. Dengan adanya perubahan
manajemen berbasis sekolah diharapkan dapat menutupi kelemahan-kelemahan yang
ada dalam dunia pendidikan.
-
Perubahan
dalam segi kualitas pendidik untuk
peningkatan SDM
Pendidikan dan latihan memiliki peran strategis
untuk menigkatkan SDM yang profesional baik dari segi sikap maupun
perilaku.oleh karena itu saat ini pemerintah sedang gencar melakukan berbagai
diklat bagi para pendidik yang diharapkan mampu menjadi pendidik yang bermutu,
berintelektual, memiliki keterampilan, serta memiliki fisik yangs sehat dan
akan diwariskan kepada para peserta didik kelak untuk menuntunya menjadi SDM
yang berkualitas.
Sebagai kesimpulan bahwa untuk dapat meningkatkan
kualitas SDA melalui pendidikan maka sistem pendidikan harus ada perubahan.
Seharusnya pendidikan tidak bersifat membelenggu karena membuat manusia tidak
mandiri, menjadi beban sosial, dan bahkan tidak memiliki jati diri.
No comments:
Post a Comment