Tugas Lexicon
A. Pengertian
Pendidikan (Education)
1. Menurut
UU No.20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiiki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Sumber : duniabaca.com
2. Pendidikan
adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang
yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran,
pelatihan, atau penelitian.
Sumber : id.m.wikipedia.org
3. Menurut
Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya
anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat
yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota
masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Sumber : silabus.org
4. Pendidikan
adalah humanisasi atau upaya memanusiakan manusia, yaitu suatu upaya membantu
manusia untuk dapat bereksistensi sesuai dengan martabatnya sebagai manusia.
Sumber : buku Pengantar Pendidikan oleh Din
Wahyuddin,dkk (2008:1.35).
5. Menurut
Ahmad D. Marimba, pendidikan adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik
terdapat perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya
kepribadian yang utama.
Ø
Kesimpulan,
bahwa pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar dan terarah untuk
mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam diri peserta didik baik secara
fisik, kepribadian dan pengetahuannyamelalui pengajaran, pelatihan, atau
penelitian dalam rangka mempertahankan eksistensinya sebagai manusia yang
berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.
B. Pengertian
Kurikulum (Curriculum)
1. Menurut
UU No.20 Tahun 2003, kurikulum adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan
pelajaranserta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Sumber : www.pendidikanekonomi.com
2. Menurut
Hilda Taba (1962),kurikulum adalah rencana belajar. Dia menganggap bahwa suatu
kurikulum biasanya terdiri dari tujuan, materi/isi, pola belajar mengajar dan
evaluasi.
Sumber : buku Perencanaan Pembelajaran
oleh Drs.Lukmanul Hakiim,M.Pd (2011:7).
3. Kurikulum
adalah peran mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu
lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran dalam suatu
periode jenjang pendidikan.
Sumber :id.m.wikipedia.org
4. Menurut
Beauchamp (1968),kurikulum adalah dokumen tertulis yang kandungannya berisi
mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan melalui berbagai
mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu rumusan masalah, dalam kehidupan
sehari-hari.
Sumber :www.artikelsiana.com
5. Menurut
Inlow (1966), kurikulum adalah usaha menyeluruh yang dirancang khusus oleh
pihak sekolah guna membimbing murid untuk memperoleh hasil dari pembelajaran
yang telah ditetapkan.
Sumber : www.kumpulan.net
Ø
Kesimpulan,
bahwa kurikulum adalah seperangkat rancangan belajar yang dituangkan dalam
bentuk dokumen tertulis yang dirumuskan khusus oleh pihak berwenang sebagai
pedoman kegiatan pembelajaran yang berisi tujuan, isi, serta bahan pelajaran
dari sejumlah mata pelajaran tertentu yang akan diajarkan oleh guru kepada
peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
C. Pengertian
Pembelajaran (Instruction)
1. Menurut
UU No.20 Tahun 2003,pembelajaran adalah sebuah proses interaksi antara peserta
didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar.
Sumber : www.spengetahuan.com
2. Pembelajaran
adalah bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu
dan pengetahuan, penguasaan kemahiran tabiat, serta pembentukan sikap dan
kepercayaan pada peserta didik.
Sumber :id.m.wikipedia.org
3. Menurut
Crow & Crow, pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
Sumber : www.wawasanpendidikan.com
4. Menurut
Sanjaya (2011), pembelajaran adalah suatu sistem yang kompleks yang
keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek
proses.
Sumber : www.dosenpendidikan.com
5. Menurut
Munif Chatib, pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru
sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.
Sumber :idtesis.com
Ø
Kesimpulan,
bahwa pembelajaran adalah proses yang melibatkan peserta didik, guru serta
komponen pendidikan lainnya untuk saling berinteraksi (aspek proses) agar
terbentuk sikap, kepribadian, maupun penguasaan pengetahuan dan kemahiran dalam
diri peserta didik (aspek produk).
D. Pengertian
Mengajar (Teaching)
1.
Menurut
Arifin (1978), mengajar adalah suatu rangkaian kegiatan penyampaian bahan
pelajaran kepada murid agar dapat menerima, menanggapi, menguasai, dan
mengembangkan bahan pelajaran.
Sumber : www.defenisi-pengertian.com
2. Menurut
Nasution (1982:8), mengajar adalah segenap aktivitas kompleks yang dilakukan
guru dalam mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya
dengan anak sehingga terjadi proses belajar.
Sumber : rasto.staf.upi.edu
3.
Menurut
W.Gulo, mengajar adalah usaha untuk memberi ilmu pengetahuan dan usaha untuk
melatih kemampuan berbagai cara.
Sumber : cokinew.blogspot.co.id
4. Menurut
Andri Hakim, mengajar adalah suatu bentuk komunikasi dengan tingkat
kompleksitas yang tinggi.
Sumber : www.spengetahuan.com
5.
Mengajar
adalah suatu proses penyampaian pengetahuan atau keterampilan yang berkaitan
dengan suatu mata pelajaran terentu kepada siswa, sebagaimana yang dituntut
dalam penguasaan mata pelajaran tersebut.
Sumber : buku Metode Pembelajaran oleh
Dra.Sumiati dan Asra,M.Ed (2011:23)
Ø
Kesimpulan,
bahwa mengajar adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan guru untuk
menyampaikan berbagai ilmu pengetahuan atau bahan pelajaran, mengatur
lingkungan belajar, serta memberikan bimbingankepada peserta didik sehingga
terjadi komunikasi yang timbal balik dan kompleks antara guru dan peserta didik
dalam proses belajar.
E. Pengertian
Belajar (Learning)
1. Belajar
adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku
sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Sumber :id.m.wikipedia.org
2. Menurut
Cronchbach,belajar adalah kegiatan yang ditunjukkan oleh perubahan perilaku
sebagai hasil dari pengalaman.
Sumber : www.gurupendidikan.com
3. Belajar
adalah proses perubahan perilaku akibat interaksi individu dengan lingkungan.
Sumber : buku Metode Pembelajaran oleh Dra.Sumiati
dan Asra,M.Ed (2011).
4. Menurut
Moh.Surya (1981) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai
hasil pengalaman indvidu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
Sumber : belajarpsikologi.com
5. Menurut
Winkel, belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung
dalam interaksi aktif dalam lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan
dalam pengelolaan pemahaman.
Sumber : www.academia.edu
Ø
Kesimpulan,
bahwa belajar adalah segala aktivitas yang dilakukan individu sehingga terjadi
proses perubahan yang lebih baik seperti perubahan tingkah laku,
kognitif,afektif dan psikomotorik yang terjadi dalam diri individu tersebut
sebagai akibat adanya interaksi dengan lingkungan berupa stimulus dan respon
maupun hasil dari pengalaman serta latihan yang berlangsung secara menyeluruh dan permanen. Jadi seseorang dikatakan belajar jika di
dalam dirinya terjadi perubahan ke arah yang positif.
Terima Kasih
No comments:
Post a Comment