Thursday, August 3, 2017

Definisi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, Mengajar dan Belajar



Tugas  Lexicon
A.    Pengertian Pendidikan (Education)
1.    Menurut UU No.20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiiki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Sumber : duniabaca.com
2.   Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.
Sumber : id.m.wikipedia.org
3.    Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Sumber : silabus.org
4.    Pendidikan adalah humanisasi atau upaya memanusiakan manusia, yaitu suatu upaya membantu manusia untuk dapat bereksistensi sesuai dengan martabatnya sebagai manusia.
Sumber : buku Pengantar Pendidikan oleh Din Wahyuddin,dkk (2008:1.35).
5.    Menurut Ahmad D. Marimba, pendidikan adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Ø   Kesimpulan, bahwa pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar dan terarah untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam diri peserta didik baik secara fisik, kepribadian dan pengetahuannyamelalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian dalam rangka mempertahankan eksistensinya sebagai manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

B.     Pengertian Kurikulum (Curriculum)
1.  Menurut UU No.20 Tahun 2003, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaranserta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Sumber : www.pendidikanekonomi.com
2.     Menurut Hilda Taba (1962),kurikulum adalah rencana belajar. Dia menganggap bahwa suatu kurikulum biasanya terdiri dari tujuan, materi/isi, pola belajar mengajar dan evaluasi.
Sumber : buku Perencanaan Pembelajaran oleh Drs.Lukmanul Hakiim,M.Pd (2011:7).
3.   Kurikulum adalah peran mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran dalam suatu periode jenjang pendidikan.
Sumber :id.m.wikipedia.org
4.   Menurut Beauchamp (1968),kurikulum adalah dokumen tertulis yang kandungannya berisi mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu rumusan masalah, dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber :www.artikelsiana.com
5.  Menurut Inlow (1966), kurikulum adalah usaha menyeluruh yang dirancang khusus oleh pihak sekolah guna membimbing murid untuk memperoleh hasil dari pembelajaran yang telah ditetapkan.
Sumber : www.kumpulan.net
Ø  Kesimpulan, bahwa kurikulum adalah seperangkat rancangan belajar yang dituangkan dalam bentuk dokumen tertulis yang dirumuskan khusus oleh pihak berwenang sebagai pedoman kegiatan pembelajaran yang berisi tujuan, isi, serta bahan pelajaran dari sejumlah mata pelajaran tertentu yang akan diajarkan oleh guru kepada peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

C.    Pengertian Pembelajaran (Instruction)
1.   Menurut UU No.20 Tahun 2003,pembelajaran adalah sebuah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar.
Sumber : www.spengetahuan.com
2. Pembelajaran adalah bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
Sumber :id.m.wikipedia.org
3.  Menurut Crow & Crow, pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
Sumber : www.wawasanpendidikan.com
4.  Menurut Sanjaya (2011), pembelajaran adalah suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses.
Sumber : www.dosenpendidikan.com
5.    Menurut Munif Chatib, pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.
Sumber :idtesis.com
Ø  Kesimpulan, bahwa pembelajaran adalah proses yang melibatkan peserta didik, guru serta komponen pendidikan lainnya untuk saling berinteraksi (aspek proses) agar terbentuk sikap, kepribadian, maupun penguasaan pengetahuan dan kemahiran dalam diri peserta didik (aspek produk).
D.    Pengertian Mengajar (Teaching)
1.      Menurut Arifin (1978), mengajar adalah suatu rangkaian kegiatan penyampaian bahan pelajaran kepada murid agar dapat menerima, menanggapi, menguasai, dan mengembangkan bahan pelajaran.
Sumber : www.defenisi-pengertian.com
2. Menurut Nasution (1982:8), mengajar adalah segenap aktivitas kompleks yang dilakukan guru dalam mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak sehingga terjadi proses belajar.
Sumber : rasto.staf.upi.edu
3.      Menurut W.Gulo, mengajar adalah usaha untuk memberi ilmu pengetahuan dan usaha untuk melatih kemampuan berbagai cara.
Sumber : cokinew.blogspot.co.id
4.  Menurut Andri Hakim, mengajar adalah suatu bentuk komunikasi dengan tingkat kompleksitas yang tinggi.
Sumber : www.spengetahuan.com
5.      Mengajar adalah suatu proses penyampaian pengetahuan atau keterampilan yang berkaitan dengan suatu mata pelajaran terentu kepada siswa, sebagaimana yang dituntut dalam penguasaan mata pelajaran tersebut.
Sumber : buku Metode Pembelajaran oleh Dra.Sumiati dan Asra,M.Ed (2011:23)
Ø  Kesimpulan, bahwa mengajar adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan guru untuk menyampaikan berbagai ilmu pengetahuan atau bahan pelajaran, mengatur lingkungan belajar, serta memberikan bimbingankepada peserta didik sehingga terjadi komunikasi yang timbal balik dan kompleks antara guru dan peserta didik dalam proses belajar.
E.     Pengertian Belajar (Learning)
1. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Sumber :id.m.wikipedia.org
2.  Menurut Cronchbach,belajar adalah kegiatan yang ditunjukkan oleh perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman.
Sumber : www.gurupendidikan.com
3. Belajar adalah proses perubahan perilaku akibat interaksi individu dengan lingkungan.
Sumber : buku Metode Pembelajaran oleh Dra.Sumiati dan Asra,M.Ed (2011).
4.  Menurut Moh.Surya (1981) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman indvidu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
Sumber : belajarpsikologi.com
5. Menurut Winkel, belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Sumber : www.academia.edu
Ø  Kesimpulan, bahwa belajar adalah segala aktivitas yang dilakukan individu sehingga terjadi proses perubahan yang lebih baik seperti perubahan tingkah laku, kognitif,afektif dan psikomotorik yang terjadi dalam diri individu tersebut sebagai akibat adanya interaksi dengan lingkungan berupa stimulus dan respon maupun hasil dari pengalaman serta latihan yang berlangsung secara menyeluruh dan permanen. Jadi seseorang dikatakan belajar jika di dalam dirinya terjadi perubahan ke arah yang positif.

Terima Kasih 




No comments:

Post a Comment

Semata Wayang

SISTEM PEMBELAJARAN

SISTEM PEMBELAJARAN A.     Pengertian dan Kegunaan Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan...