Jenis
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Observasi
|
- Dapat mengamati berbagai macam fenomena.
- Cocok untuk mengamati perilaku peserta didik maupun guru yang sedang melakukan suatu kegiatan.
- Banyak hal yang tidak dapat diukur dengan tes, tetapi justru lebih tepat dengan observasi.
- Tidak terkait dengan laporan pribadi (Arifin, 2011:156).
|
- Seringkali pelaksanaan observasi terganggu oleh keadaan cuaca, bahkan ada kesan yang kurang menyenangkan dari observer ataupun observe itu sendiri.
- Biasanya masalah pribadi sulit diamati.
- Jika proses yang diamati memakan waktu lama, maka observasi sering menjadi jenuh (Arifin, 2011:156).
|
Angket
|
- Dapat mengungkapkan data dalam jumlah besar.
- Sangat tepat untuk mengungkapkan kepribadian.
- Memberikan waktu yang luas dan siswa memiliki kebebasan dalam menjawabnya (Wiyono dan Sunarni, 2009:23).
|
- Ada kemungkinan angket diisi oleh orang lain.
- Hanya diperuntukkan bagi yang melihat saja.
- Responden hanya menjawab berdasarkan jawaban yang ada (Arifin, 2011:166).
|
Wawancara
|
- Dapat memberikan keterangan keadaan pribadi hal ini tergantung pada hubungan baik antara pewawancara dengan objek.
- Wawancara dapat dilaksanakan untuk setiap umur dan mudah dalam pelaksanaannya.
- Wawancara dapat dilaksanakan serempak dengan observasi,
- Data individu dapat diperoleh lebih banyak daripada angket dan observasi.
- Wawancara dapat menimbulkan hubungan yang baik antara si pewawancara dengan objek.
|
- Jika jumlah peserta didik cukup banyak, maka proses wawancara banyak menggunakan tenaga, biaya dan waktu.
- Adakalanya wawancara yang berlarut-larut tanpa arah, sehingga data kurang dapat memenuhi apa yang diharapkan.
- Sering timbul sikap yang kurang baik dari peserta didik yang diwawancarai dan sikap overaction dari guru sebagai pewawancara dengan orang yang diwawancarai (Arifin, 2011:158).
|
Dokumentasi
|
- Untuk subjek manusia yang sulit dihubungi, dengan dokumentasi akan mempermudah pengumpulan informasi.
- Statis, artinya tidak akan berpengaruh factor luar.
- Dalam hal peristiwa masa lalu, dokumen akan sangat membantu dalam pengumpulan data.
- Dokumen peristiwa penting akan tersimpan dan tidak banyak makan waktu dan biaya.
|
- Seringkali data kurang lengkap.
- Tersedia secara selektif.
- Bias, artinya dokumen dapat ditulis secara berlebihan, kadang-kadang tanpa fakta sehingga apbila dipakai sebagai acuan utama kurang mengena.
|
Portofolio
|
- Dapat menilai kemampuan siswa secara menyeluruh.
- Merupakan catatan penilaian yang sesuai dengan program pembelajaran yang baik.
- Merupakan catatan jangka panjang tentang kemajuan siswa.
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan keunggulan dirinya.
- Dapat menjamin akuntabilitas.
|
- Memerlukan waktu dan kerja keras.
- Memerlukan perubahan cara pandang.
- Memerlukan perubahan gaya belajar.
|
Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Mari saling menghargai dengan mencantumkan nama blog ini ketika mengcopy isi blog. Semua isi blog ditulis oleh Semata Wayang a.k.a Miss Miopia
Thursday, May 21, 2020
JENIS-JENIS NON TES
JENIS-JENIS NON TES
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Semata Wayang
SISTEM PEMBELAJARAN
SISTEM PEMBELAJARAN A. Pengertian dan Kegunaan Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan...
-
Kelebihan dan Kekurangan Teknik Tes dan Non-Tes Assesmen Defenisi Kelebihan Kekurangan Tes Tes adalah seperangkat tugas y...
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Secara sederhana istilah pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan seseorang ...
-
Basic saya memang dekat dengan anak-anak karena memang berasal dari PGSD. Nah ini puisi pertama saya yang bertemakan anak-anak. Masih banyak...
No comments:
Post a Comment