Thursday, May 21, 2020

JENIS-JENIS NON TES

JENIS-JENIS NON TES

Jenis
Kelebihan
Kekurangan




Observasi
-     Dapat mengamati berbagai macam fenomena.
-     Cocok untuk mengamati perilaku peserta didik maupun guru yang sedang melakukan suatu kegiatan.
-     Banyak hal yang tidak dapat diukur dengan tes, tetapi justru lebih tepat dengan observasi.
-     Tidak terkait dengan laporan pribadi (Arifin, 2011:156).
-      Seringkali pelaksanaan observasi terganggu oleh keadaan cuaca, bahkan ada kesan yang kurang menyenangkan dari observer ataupun observe itu sendiri.
-      Biasanya masalah pribadi sulit diamati.
-      Jika proses yang diamati memakan waktu lama, maka observasi sering menjadi jenuh (Arifin, 2011:156).



Angket
-      Dapat mengungkapkan data dalam jumlah besar.
-      Sangat tepat untuk mengungkapkan kepribadian.
-      Memberikan waktu yang luas dan siswa memiliki kebebasan dalam menjawabnya (Wiyono dan Sunarni, 2009:23).
-      Ada kemungkinan angket diisi oleh orang lain.
-      Hanya diperuntukkan bagi yang melihat saja.
-       Responden hanya menjawab berdasarkan jawaban yang ada (Arifin, 2011:166).





Wawancara
-      Dapat memberikan keterangan keadaan pribadi hal ini tergantung pada hubungan baik antara pewawancara dengan objek.
-      Wawancara dapat dilaksanakan untuk setiap umur dan mudah dalam pelaksanaannya.
-      Wawancara dapat dilaksanakan serempak dengan observasi,
-      Data individu dapat diperoleh lebih banyak daripada angket dan observasi.
-      Wawancara dapat menimbulkan hubungan yang baik antara si pewawancara dengan objek.
-       Jika jumlah peserta didik cukup banyak, maka proses wawancara banyak menggunakan tenaga, biaya dan waktu.
-       Adakalanya wawancara yang berlarut-larut tanpa arah, sehingga data kurang dapat memenuhi apa yang diharapkan.
-      Sering timbul sikap yang kurang baik dari peserta didik yang diwawancarai dan sikap overaction dari guru sebagai pewawancara dengan orang yang diwawancarai (Arifin, 2011:158).


Dokumentasi
-       Untuk subjek manusia yang sulit dihubungi, dengan dokumentasi akan mempermudah pengumpulan informasi.
-       Statis, artinya tidak akan berpengaruh factor luar.
-       Dalam hal peristiwa masa lalu, dokumen akan sangat membantu dalam pengumpulan data.
-       Dokumen peristiwa penting akan tersimpan dan tidak banyak makan waktu dan biaya.
-      Seringkali data kurang lengkap.
-      Tersedia secara selektif.
-      Bias, artinya dokumen dapat ditulis secara berlebihan, kadang-kadang tanpa fakta sehingga apbila dipakai sebagai acuan utama kurang mengena.




Portofolio
-     Dapat menilai kemampuan siswa secara menyeluruh.
-     Merupakan catatan penilaian yang sesuai dengan program pembelajaran yang baik.
-     Merupakan catatan jangka panjang tentang kemajuan siswa.
-     Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan keunggulan dirinya.
-     Dapat menjamin akuntabilitas.
-      Memerlukan waktu dan kerja keras.
-      Memerlukan perubahan cara pandang.
-      Memerlukan perubahan gaya belajar.

No comments:

Post a Comment

Semata Wayang

SISTEM PEMBELAJARAN

SISTEM PEMBELAJARAN A.     Pengertian dan Kegunaan Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan...