Tuesday, May 19, 2020

LANDASAN KURIKULUM DI INDONESIA


LANDASAN KURIKULUM DI INDONESIA
1.      Jelaskan pengertian landasan kurikulum !
Jawaban :
Landasan kurikulum dapat diartikan sebagai suatu gagasan atau prinsip yang bersumber dari kepercayaan dan menjadi sandaran atau pijakan untuk pengembangan kurikulum yang dinamis.
2.      Tuliskan 4 landasan yang dijadikan landasan utama dalam pengembangan kurikulum secara umum !
Jawaban :
·         landasan filosofis,
·         psikologis,
·         sosiologis, budaya,
·         perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
3.      Jelaskan 3 landasan kurikulum menurut S. Nasution !
Jawaban :
1.      Asas filosofis yang pada hakikatnya menentukan tujuan umum pendidikan,
2.      Asas sosiologis yang memberikan dasar untuk menentukan apa yang akan dipelajari sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kebudayaan, dan perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi,
3.      Asas organisatoris yang memberikan dasar-dasar dalam bentuk bagaimana bahan pelajaran itu disusun, bagaimana luas dan urutannya dan asas  psikologis yang memberikan prinsip-prinsip tentang perkembangan anak dalam berbagai aspek serta caranya belajar agar bahan yang disediakan dapat dicernakan dan dikuasai oleh anak sesuai dengan taraf perkembangnnya.
4.      Jelaskan 4 landasan yang dijadikan dasar pokok dalam pengembangan kurikulum 2013 !
Jawaban :
1.      Landasan yuridis merupakan ketentuan hukum yang dijadikan dasar untuk pengembangan kurikulum dan yang mengharuskan adanya pengembangan kurikulum baru.
2.      Landasan filosofis adalah landasan yang mengarahkan kurikulum kepada manusia apa yang akan dihasilkan kurikulum.
3.      Landasan teoritik memberikan dasar-dasar teoritik pengembangan kurikulum sebagai dokumen dan proses.
4.      Landasan empirik memberikan arahan berdasarkan pelaksanaan kurikulum yang sedang berlaku di lapangan.
5.      Jelaskan keterkaitan kurikulum dengan filsafat suatu negara !
Jawaban :
Kurikulum pada hakikatnya adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Karena tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh filsafat atau pandangan hidup sutu bangsa, maka kurikulum yang dikembangkan juga harus mencerminkan falsafah atau pandangan hidup yang dianut oleh bangsa tersebut. Oleh karena itu, terdapat hubungan yang sangat erat antara kurikulum pendidikan di suatu Negara dengan filasafat Negara yang dianutnya.
6.      Jelaskan landasan filsafat kurikulum Indonesia setelah kemerdekaan !
Jawaban :
Setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945, Indonesia menggunakan pancasila sebagai dasar dan falsafah hidup bermasyarakat, berbangsa dn bernegara, maka kurikulum pendidikan pun disesuaikan dengan nilai-nilai pancasila itu sendiri. Perumusan tujuan pendidikan, penyususnan program pendidikan, pemilihan dan penggunaan pendekatan atau strategi pendidikan, peranan yang harus dilakukan pendidik/peserta didik juga harus sesuai dengan falsafah bangsa ini yaitu pancasila.
7.        Tuliskan 3 pendekatan filosofis yang sangat mempengaruhi dan senantiasa menjadi dasar pertimbangan dalam pengembangan pendidikan atau kurikulum !
Jawaban :
1.      Filsafat Idealisme
2.      Filsafat Realisme
3.      Filsafat fragmatisme
8.      Tuliskan manfaat penggunaan filsafat pendidikan dalam mengembangkan kurikulum !
Jawaban :
1.      Memberikan arah yang jelas terhadapa tujuan pendidikan.
2.      Dapat memberikan gambaran yang jelas hasil yang ingin dicapai.
3.      Memberikan arah terhadap proses yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.
4.      Memungkiunkan dapat mengukur hasil yang dicapai
5.      Memberikan motivasi yang kuat untuk melakukan aktivitas.
9.      Jelaskan landasan filosofis dalam kurikulum 2013 !
Jawaban :
Kurikulum 2013 dikembangkan menggunakan filosofi sebagai berikut ;
1.      Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan budaya bangsa Indonesia yang beragam, diarahkan untuk membangun kehidupan masa kini, dan untuk membangun dasar bagi kehidupan bangsa yang lebih baik di masa depan.
2.      Peserta didik adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif sehingga prestasi bangsa di berbagai bidang kehidupan di masa lampau adalah sesuatu yang harus termuat dalam isi kurikulum untuk dipelajari peserta didik.
3.      Pendidikan ditujukan untuk mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecemerlangan akademik melalui pendidikan disiplin ilmu.
4.      Pendidikan untuk membangun kehidupan masa kini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik.
10.  Pengembangan kurikulum harus dilandasi oleh asumsi-asumsi yang berasal dari psikologi yang meliputi kajian tentang apa dan bagaimana perkembangan peserta didik, serta bagaimana peserta didik belajar. Atas dasar itu terdapat dua cabang psikologi yang sangat penting diperhatikan dan besar kaitannya  dalam pengembangan kurikulum. Jelaskan kedua cabang psikologi tersebut !
Jawaban :
1.      Psikologi perkembangan merupakan cabang dari psikologi-psikologi yang mempelajari proses perkembangan individu, baik sebelum maupun setelah kelahiran berikut kematangan prilaku”.
2.      Psikologi belajar merupakan studi tentang bagaimana individu belajar, yang secara sederhana dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi melalui pengalaman. Segala perubaha tingkah laku baik yang berbentuk kognitif, afektif maupun  psikomotorik terjadi karena proses pengalaman yang selanjutnya dapat dikatakan sebagai perilaku belajar.
11.  Jelaskan tujuan penerapan landasan psikologi dalam pengembangan kurikulum !
Jawaban :
Melalui penerapan landasan psikologi dalam pengembangan kurikulum, tujuannya tiada lain adalah agar upaya pendidikan yang dilakukan dapat menyesuaikan dengan hakikat peserta didik, baik penyesuain dari segi materi atau bahan yang harus disampaikan, penyesuaian dari segi proses penyampaian pembelajarannya, dan penyesuaian dari unsur-unsur upaya pendidikan lainnya.
12.       Jelaskan keterkaitan antara psikologi dengan kurikulum !
Jawaban :
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hugungan dengan lingkungan, sedangkan kurikulum adalah upaya menentukan program pendidikan untuk merubah perilaku manusia. Oleh sebab itu dalam mengembangkan kurikulum harus dilandasi oleh psikologi sebagai acuan dalam menentukan apa dan bagaimana perilaku peserta didik itu harus dikembangkan.
13.  Jelaskan mengapa kurikulum harus berlandaskan kepada landasan sosiologis !
Jawaban :
Anak-anak berasal dari masyarakat, mendapat pendidikan baik informal, formal, maupun nonformal dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan agar mampu terjun dalam kehidupan bermasyarakat. Karena itu kehidupan masyarakat dan budaya dengan segala karakteristiknya harus menjadi landasan dan titik tolak dalam melaksanakan pendidikan. Oleh karena itu tujuan, isi, maupun proses pendidikan harus disesuaikan dengan kondisi, karakteristik kekayaan, dan perkembangan masyarakat tersebut.
14.  Bagaimanakah perumusan kurikulum berdasarkan landasan sosiologis dilihat dari keragaman budaya Indonesia !
Jawaban :
Sosiologi dalam pembahasannya mencakup secara garis besar akan perkembagan masyarakat dan budaya yang ada pada setiap ragam masyarakat yang da di Indonesia ini. Karena beraneka ragamnya budaya masyarakat yang ada di negeri ini, sehingga kurikulum dalam perumusannya juga harus menyesuaikan pada budaya masyarakat yanga akan menjadi objek pendidikan dan penerima dari hasil pendidikan tersebut. Tidak bisa kita menggunakan kurikulum pendidikan untuk orang – orang pedalaman untuk diajarkan kepada orang-orang maju seperti di kota dan pendidikan luar wilayah tersebut yang lebih maju.
15.  Jelaskan hubungan IPTEK dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan kurikulum !
Jawaban :
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi perannya di masa yang akan datang. Teknologi adalah aplikasi dari ilmupengetahuan ilmiah dan ilmu-ilmu lainnya untuk memecahkan masalah praktis. Ilmu dan teknologi tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu dalam mengembangkan kurikulum tidak bisa melepaskan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar kurikulum yang dihasilkan selain memiliki kekuatan, karena bersumber dari IPTEK juga bisa mengembangkan dan melahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi lebih memajukan peradaban manusia.




No comments:

Post a Comment

Semata Wayang

SISTEM PEMBELAJARAN

SISTEM PEMBELAJARAN A.     Pengertian dan Kegunaan Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan...