Jenis
|
Defenisi
|
Kegunaan
|
Waktu
|
Formatif
|
Formatif adalah tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pokok bahasan, tujuannya untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap pokok bahasan tertentu.
|
Digunakan sebagai umpan balik bagi pengajar mengenai proses pengajaran dalam satu pokok bahasan.
|
Waktu pelaksanaan biasanya di tengah-tengah perjalanan program pengajaran yaitu dilaksanakan pada setiap kali satuan pelajaran atau subpokok bahasan berakhir (biasa disebut ulangan harian).
|
Sumatif
|
Sumatif adalah tes yang dilakukan pada akhir satuan program
tertentu, (catur wulan, semester atau tahun ajaran), tujuannya untuk melihat prestasi yang dicapai peserta didik selama satu program yang secara lebih khusus hasilnya akan merupakan nilai yang tertulis dalam raport dan penentuan kenaikan kelas.
|
Hasilnya digunakan untuk mengisi nilai rapor atau nilai ijazah atau dengan kata lain untuk menentukan nilai yang melambangkan keberhasilan peserta didik setelah menempuh proses pembelajaran.
|
Waktu pelaksanaan yaitu setelah sekumpulan satuan program pengajaran selesai diberikan (akhir catur wulan, semester atau tahun ajaran).
|
Diagnostic
|
Diagnostik adalah tes yang dilakukan untuk melihat kelemahan siswa dan faktor-faktor yang diduga menjadi penyebabnya, dilakukan untuk keperluan pemberian bimbingan belajar dan pengajaran remidial, sehingga aspek yang dinilai meliputi kemampuan belajar, aspek-aspek yang melatarbelakangi kesulitan belajar yang dialami anak serta berbagai kondisi khusus siswa.
|
Digunakan untuk menentukan secara tepat jenis kesukaran yang dihadapi oleh peserta didik dalam suatu mata pelajaran tertentu.
|
- Pada saat penyaringan calon peserta didik.
- Pada saat pembagian kelas atau awal pemberian pelajaran.
- Selama pelajaran berlangsung bila guru akan memberikan bantuan kepada peserta didik.
|
Penempatan
|
Penempatan (placement) adalah tes yang ditujukan untuk menempatkan siswa sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya, misalnya dalam pemilihan jurusan atau menempatkan anak pada kerja kelompok dan pemilihan kegiatan tambahan.
|
Digunakan untuk menempatkan peserta didik pada tempatnya yang sebenar benarnya berdasarkan bakat, minat, kemampuan, kesanggupan, serta keadaan diri peserta didik sehingga peserta didik tidak mengalami hambatan dalam mengikuti pelajaran yang disajikan guru.
|
Waktu pelaksanaan sebaiknya sebelum peserta didik menduduki kelas tertentu sewaktu penerimaan murid baru atau setelah naik kelas pada saat memilih jurusan.
|
Kepribadian
|
Kepribadian adalah tes yang dilaksanakan dengan tujuan mengungkap ciri khas dari seseorang yang banyak sedikitnya bersifat lahiriah.
|
Digunakan untuk mengetahui karakter dari setiap peserta didik.
|
Dapat dilaksanakan pada awal penerimaan peserta didik di tahun ajaran baru.
|
Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Mari saling menghargai dengan mencantumkan nama blog ini ketika mengcopy isi blog. Semua isi blog ditulis oleh Semata Wayang a.k.a Miss Miopia
Thursday, May 21, 2020
JENIS-JENIS TES
Jenis-jenis Tes
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Semata Wayang
SISTEM PEMBELAJARAN
SISTEM PEMBELAJARAN A. Pengertian dan Kegunaan Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan...
-
Kelebihan dan Kekurangan Teknik Tes dan Non-Tes Assesmen Defenisi Kelebihan Kekurangan Tes Tes adalah seperangkat tugas y...
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Secara sederhana istilah pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan seseorang ...
-
Basic saya memang dekat dengan anak-anak karena memang berasal dari PGSD. Nah ini puisi pertama saya yang bertemakan anak-anak. Masih banyak...
No comments:
Post a Comment